Ini Dia yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Diversifikasi Saham

Melakukan investasi saham kini bisa dilakukan oleh siapa saja, baik yang sudah berpengalaman maupun para pemula. Hal ini dikarenakan banyaknya aplikasi investasi yang memungkinkan siapapun untuk melakukan investasi secara online bahkan dengan saldo top up minimum dari 5000 rupiah hingga 100 ribu rupiah. Tentu saja hal ini harus dimanfaatkan oleh para investor muda khususnya untuk bisa mempelajari teknik investasi sekaligus mempraktikannya.

Salah satu tips yang bisa diterapkan dalam berinvestasi adalah dengan melakukan diversifikasi investasi. Diversifikasi investasi sendiri merupakan salah satu strategi dalam melakukan investasi dengan meminimalisir kerugian yang mungkin akan dialami. Strategi diversifikasi sendiri memungkinkan kamu membagi dana investasi ke berbagai instrumen. Untuk memahami lebih lanjut soal pentingnya diversifikasi, berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang diversifikasi saham, yuk disimak.

  • Tidak meletakkan dana investasi dalam satu instrumen saham

Cara kerja dari diversifikasi adalah tidak meletakkan sejumlah dana ke dalam satu instrumen investasi saja, melainkan membaginya ke dalam beberapa instrumen investasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh anjloknya satu instrumen investasi. Dengan membagi sejumlah dana investasi ke instrumen investasi lainnya dengan tingkat risiko yang berbeda, maka kerugian yang dirasakan tidak telalu besar. Gunakan kombinasi tingkat risiko, dari instrumen investasi yang memiliki tingkat risiko rendah hingga ke tingkat risiko yang lebih tinggi.

  • Butuh lebih banyak usaha untuk belajar

Melakukan diversifikasi investasi tentunya melibatkan sejumlah instrumen seperti saham, pasar uang, hingga obligasi. Hal ini tentu membuat investor membutuhkan pengetahuan yang lebih banyak tentang berbagai instrumen investasi tersebut. Meski begitu, bagi kamu investor pemula, bisa memanfaatkan aplikasi investasi yang menyediakan fitur investasi dengan berbagai instrumen sesuai dengan portfolio investasi yang kamu miliki.

  • Meningkatkan keuntungan

Jika diversifikasi dilakukan untuk meminimalisir kerugian yang mungkin akan dihadapi, tentu akan ada keuntungan yang bisa ditingkatkan melalui penerapan strategi ini. Hal ini bisa disebabkan karena kombinasi tingkat risiko yang kamu pilih sesuai dengan kemampuan investasi dan juga kondisi pasar. Jika salah satu instrumen investasi mengalami penurunan, kamu bisa mengandalkan instrumen investasi yang lain yang mungkin memiliki tingkat risiko yang lebih rendah. Sehingga kamu bisa mencairkan keuntungan dari instrumen saham yang memberikan return positive terlebih dahulu baru kemudian fokus pada pemulihan kerugian akibat anjloknya harga invetasi di instrumen lainnya.

Diversifikasi Saham dengan Mudah di Nanovest

Itu dia beberapa hal yang dapat kamu ketahui soal diversifikasi investasi. Kamu juga bisa meningkatkan lebih banyak keuntungan dengan mengalokasikan lebih banyak dana ke instrumen investasi yang paling sesuai dengan karakteristikmu. Selain itu, pastikan kamu memilih aplikasi investasi yang telah terdaftar dan menjamin kemudahan serta kenyamanan dalam melakukan transaksi, seperti Nanovest.


Di Nanovest, tersedia banyak pilihan saham luar negeri yang bisa diplih untuk opsi diversifikasi investasi. Saham di Nanovest dibedakan menjadi beberapa kategori sesuai dengan industrinya Mulai dari Big Tech Biggies, E-sports & Gaming, hingga Syariah  bisa ditemukan di sini. Untuk memudahkan investor pemula, terdapat fitur Saham Trending, yang menampilkan saham-saham yang banyak dibeli oleh investor, dilengkapi dengan harga terakhir, pergerakan harga, hingga info terupdate dari saham tersebut.


Nanovest juga merupakan aplikasi yang tepat untuk diversifikasi saham karena proses pembelian sahamnya yang mudah dan terjangkau. Kamu bisa membeli saham dengan harga mulai dari Rp5.000 saja, murah sekali kan?

Nah, jadi tunggu apalagi mulai lakukan diversifikasi saham untuk invetsasimu dengan Nanovest!

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama