Jumat, 24 September 2021

Cara Mengurangi Sampah Plastik Untuk Selamatkan Lingkungan

Cara Mengurangi Sampah Plastik Untuk Selamatkan Lingkungan

Penghasil sampah plastik terbesar di dunia adalah negara Indonesia. Cara mengurangi sampah plastik dengan mendaur ulang, masih sangat rendah. 

Industri daur ulang sempat mengalami kekurangan bahan baku. Hal ini disebabkan banyaknya produsen makanan atau minuman kemasan menggunakan produk tahan lama.

Cara Mengurangi Sampah Plastik

Anda yang masih bingung dengan sampah plastik harus bagaimana mendaur ulangnya, ikuti beberapa cara mengurangi sampah plastik berikut ini:

Mengurangi Penggunaan Sedotan Plastik

Sudah sejak lama penggunaan sedotan plastik menjadi kebutuhan lumrah. Untuk merubah kebiasaan itu memang cukup sulit. Perlu beberapa waktu bisa mewujudkannya.

Sedotan plastik menjadi sampah yang sulit didaur ulang. Apalagi jumlahnya terus bertambah baik dari restoran maupun warung-warung.

Saat ini kesadaran sudah mulai dirasakan. Pihak-pihak rumah makan atau restoran mulai menjalankan cara mengurangi sampah plastik. Sedotan dari bahan stainless atau dari bahan kertas sudah banyak digunakan.

Bawa Tas Belanja

Di pusat-pusat kota sudah diberlakukan aturan pengurangan kantong plastik. Sempat menjadi viral dua tahun lalu saat aturan ini diterapkan. 

Kantong plastik berbayar di beberapa minimarket dan supermarket sudah berjalan dan masyarakat mulai teredukasi. Mengurangi sampah plastik dengan kantong plastik bukan dari plastik sangat efektif.

Hal ini lantas menjadi kebiasaan baru dan memunculkan ide bisnis untuk membuat kantong belanja yang bisa digunakan berkali-kali. 

Bawa Botol Minum

Setiap tahunnya sekitar 20 miliar botol minum menggunung di tempat pembuangan sampah. Membawa botol minum sendiri kemudian menjadi cara paling efektif untuk mengurangi sampah.

Beberapa brand atau gerai minuman terkenal turut serta dalam kampanye pengurangan penggunaan botol plastik. Tumbler-tumbler dengan segala macam bentuk ditawarkan. Semua bahu-membahu mengurangi pemakaian botol plastik.

Mengurangi Penggunaan Microbeads

Partikel kecil yang terbuat dari plastik, sering disebut microbeads biasanya terdapat di sabun mandi dan pasta gigi. Ukurannya yang sangat kecil mengakibatkan partikel ini rawan dimakan oleh hewan laut.

Cara mengurangi sampah plastik dapat dilakukan siapa saja. Sampah plastik yang sering menjadi masalah akan berkurang seiring kebiasaan baru yang ramah lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar