Rabu, 09 Juni 2021

Apa Saja Perbedaan Infak Dan Sedekah? Berikut Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Apa Saja Perbedaan Infak Dan Sedekah? Berikut Hal Yang Perlu Anda Ketahui

Ajaran islam mengajak seorang muslim untuk membantu sesamanya guna mewujudkan hidup yang seimbang. Dalam hal ini, anda sangat dianjurkan untuk melakukan amalan ibadah dalam bentuk infak maupun sedekah. Sayangnya jenis ibadah ini seringkali sulit dipahami dan dianggap sama. Untuk itu, kenali perbedaan infak dan sedekah sebagai berikut.

Beberapa Hal Yang Membedakan Infak Dan Sedekah

1. Konsep

Sebelum melaksanakan ibadah, alangkah baiknya jika konsep suatu ibadah perlu dipahami dengan benar. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan yang bisa dilakukan karena ketidaksengajaan. Maka dari itu, anda bisa mulai memahami konsep dari ibadah infak dan sedekah berdasarkan terminologi syariat.

Lazimnya, kata infak berasal dari ‘anfaqa’ yang memiliki arti mengeluarkan sesuatu untuk kepentingan tertentu. Berbeda dari ibadah tersebut, sedekah berasal dari kata shadaqoh. Hal ini memiliki arti mengeluarkan sejumlah harta tertentu untuk orang yang membutuhkan demi mengharapkan ridha Allah.

2. Bentuk

Merujuk dari konsep yang telah dijelaskan di atas, infak dan sedekah pada dasarnya memiliki maksud dan tujuan yang hampir sama. Hal ini dilandasi oleh Undang-Undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. Meski demikian, perbedaan infak dan sedekah akan tampak lebih gamblang jika dijabarkan secara detail.

Infak dapat dipahami sebagai pengeluaran sejumlah harta yang dilakukan oleh seseorang atau badan usaha untuk kebermanfaatan umum. Sedangkan sedekah merupakan pengeluaran harta atau non harta yang dilakukan oleh seorang atau badan usaha guna memberikan kebermanfaatan.

Tentu saja, pemahaman ini menunjukkan sebuah batasan sebuah harta benda yang bisa diberikan untuk menjalankan ibadah infak. Sedangkan melakukan ibadah sedekah tidak memiliki batasan apapun termasuk hal yang diberikan. Semua bentuk kebaikan termasuk tersenyum, membantu dengan tenaga dan menyenangkan hati orang lain adalah bentuk ibadah sedekah.

3. Hukum

Anda pasti sering mendengar bahwa hukum infak dan sedekah adalah sunnah. Nyatanya, hukum kedua ibadah ini menunjukkan perbedaan infak dan sedekah. Hal ini karena ibadah infak memiliki banyak jenis dengan hukum wajib, sunnah, mubah dan haram. Sedangkan ibadah sedekah hanya memiliki hukum sunnah.

Infak wajib merupakan ibadah yang harus dilakukan. Pasalnya, infak jenis ini wajib dikeluarkan agar tidak mendapatkan dosa. Beberapa contoh dari amalan ini yaitu membayar mas kawin, membayar kifarat dan nazar, serta menafkahi istri dan keluarga. Selanjutnya, infak sunnah adalah amalan pemberian harta untuk kebaikan. Hal ini biasanya disamakan dengan sedekah.

Begitu pula, infak mubah bisa dilakukan dalam bentuk pemberian harta untuk kepentingan berdagang maupun bercocok tanam. Namun pemberian infak jenis ini tidak mendapatkan pahala dan dosa. Selain itu, jenis hukum infak yang terakhir adalah haram. Ibadah ini sebaiknya tidak dilakukan agar tidak mendapat dosa. Contohnya adalah infak dengan niat ingin dipuji.

4. Orang Yang Berhak Menerima

Selanjutnya, perbedaan infak dan sedekah dapat dilihat dari orang yang berhak menerinya. Penerima amalan infak yang diatur dalam Q.S Al-Baqarah ayat 215 sebaiknya diberikan kepada kerabat dari yang paling dekat. Golongan ini terdiri dari orang tua, saudara, golongan fakir miskin, orang yang dalam perjalanan jauh dan anak yatim.

Berbeda dari kondisi tersebut, amalan sedekah yang tidak memiliki batasan dapat diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Orang kaya harta yang sedang membutuhkan bantuan karena kesulitan ketika diserang orang jahat perlu diberi sedekah sesuai kemampuan. Misalnya saja memberikan pertolongan berupa tenaga atau non materi.

Ibadah kebaikan dalam bentuk infak dan sedekah seringkali dipahami sebagai amalan yang sama. Nyatanya, kedua jenis ibadah ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan jika dipahami secara detail. Anda bahkan bisa memahami kedua jenis ibadah ini dengan mengulik beberapa ulasan di atas.

0 komentar:

Posting Komentar